Monday, June 5, 2017

CONTOH RKH SENTRA



CONTOH RKH SENTRA

Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA SENI

Hari/tanggal  : ............., ......... 200...


Kelompok Usia        : 4 -5 tahun                     Tema            : Binatang
Jumlah Anak           : 10 anak                         Sub Tema     : Binatang buas

         

          WAKTU                                    KEGIATAN

07.00 – 07.10         Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30         Berdoa dan bercerita tentang binatang buas
                             ciptaan  Tuhan.
                            
                             Kegiatan jasmani : bermain “Buaya dan Sungai”
                             Lagu : “Buaya Menyebrang Sungai”

07.30 – 09.20         Kegiatan Inti

                             * Pijakan lingkungan
·         Membuat kebun binatang (proyek )                 4 anak.
·         Membuat topeng kepala binatang buas            2 anak
·         Menjahit bentuk buaya                                   3 anak
·         Thumbprint (jejak kaki binatang)                    2 anak
·         Melukis gambar binatang dengan lilin              3 anak
·         Mencocok kepala binatang buas                      3 anak
·         Meronce rantai warna                                    2 anak
·         Bermain playdough                                        2 anak
·         Menggambar di meja                                     4 anak                                               
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : Kebun Binatang
·         Kosakata : cakar, taring, mangsa.
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main :
-      Tidak merebut mainan teman
-      Meminta ijin jika akan bergabung dengan teman
-      Mengembalikan mainan ke tempat semula setelah  
                        bermain
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menirukan suara-suara (misal : harimau) dapat bermain terlebih dahulu.

                             * Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari pekerjaan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

                             * Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang
                             Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Sentra




(…………………….)                                                     (……………………………..)





Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BAHAN ALAM

Hari/tanggal  : ............., ......... 200...


Kelompok Usia        : 4 -5 tahun                     Tema            : Binatang
Jumlah Anak           : 10 anak                         Sub Tema     : Binatang buas
         

          WAKTU                                    KEGIATAN

07.00 – 07.10         Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30         Berdoa dan bercerita tentang ular sebagai
binatang buas yang membujuk manusai pertama.
                            
                             Kegiatan jasmani  : bermain “Ular Naga”

                             Lagu : Ular naga panjangnya bukan kepalang.
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang

07.30 – 09.20         Kegiatan Inti

                             * Pijakan lingkungan
·         Membuat hutan/gurun dgn  pasir putih             4 anak.
·         Kolase sisik ular dari rautan pensil                   4 anak
·         Melukis di papan easel                                    2 anak
·         Table block                                                                      2 anak
·         Aneka ular dari playdough                              4 anak
·         Membuat kandang ular dgn bata, pasir, air       4 anak
·         Menggunting gambar ular                               4 anak         
·         Melukis di meja                                                       4 anak         
·         Ular-ular dan air                                                      2 anak                            
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita dari buku “Ular Makan Tikus
·         Kosakata : sisik, bisa, merayap
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main
~   Memakai celemek saat bermain air
~   Minta ijin saat akan pindah main
~   Membereskan mainan setelah selesai bermain
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat menjawab pertanyaan guru seputar cerita, boleh bermain terlebih dahulu.

                             * Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari kegiatan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

                             * Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula dan  menggantungkan kembali celemek yang dipakai.
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif


09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang
                             Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Sentra




(…………………..)                                                                (……………………………..)




Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BERMAIN DRAMA

Hari/tanggal  : ............., ......... 200...


Kelompok Usia        : 4 -5 tahun                     Tema            : Binatang Buas
Jumlah Anak           : 10 anak                         Sub Tema     : Kebun binatang


          WAKTU                                    KEGIATAN

07.00 – 07.10         Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30         Berdoa dan bercerita tentang binatang buas
ciptaan  Tuhan yang perlu makanan dan minuman agar tetap hidup.
                  
                             Kegiatan jasmani : bermain “berjalan-jalan di hutan”,  sambil                                                        bergerak menirukan gerakan binatang.
         
                             Lagu :  Kita berjalan-jalan di dalam hutan
                                       Dan melihat seekor binatang jalan.
                                       Binatang apakah itu -2x
                                       Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan
                                       Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)

07.30 – 09.20         Kegiatan inti
                             * Pijakan lingkungan
·         Setting : keluarga dan kebun binatang (loket, binatang-binatang dalam kandang, cafeteria)
·         Peran :
~  Ibu                                          : 1 anak
~  Ayah                              : 1 anak
~  Anak                              : 2 anak
~  Penjaga cafeteria       : 1 anak
~  Penjual tiket              : 1 anak
~  Harimau                          : 2 anak
~  Beruang                          : 2 anak
~  Singa                              : 1 anak

* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : Penjaga Hutan (Zoo Keeper)r
·         Kosakata : pawang, kandang, karnivora
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain / alur cerita  dari peran yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main
~   Bermain sesuai peran
~   Berbagi alat main dengan teman
~   Membereskan mainan setelah selesai bermain

·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang berperan sebagai …..boleh menyiapkan alat main terlebih dahulu.

                             * Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

                             * Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif


09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang
                             Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                 Guru Sentra


(…………………..)                                                         (……………………………..)
Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA PERSIAPAN

Hari/tanggal  : ............., ......... 200...


Kelompok Usia        : 4 -5 tahun                     Tema            : Binatang
Jumlah Anak           : 10 anak                         Sub Tema     : Binatang Buas


          WAKTU                                    KEGIATAN

07.10 – 07.30    Berdoa dan bercerita tentang Bp Adam dan Ibu Hawa  memberi nama kepada binatang-binatang buas..
                       
                        Kegiatan jasmani  : bergerak menirukan gerakan binatang menuju kotak angka yang disebutkan guru.
                            
                             Lagu : I look lion, look lion, look lion
                                      I look tiger, look tiger, look tiger
                                      I look snake, snake, snake,snake
                                      I look bear, bear, bear, bear
                                      I look, I look, I look animals

07.30 – 09.20         Kegiatan Inti
                             * Pijakan lingkungan
·         Memasangkan gambar binatang  dan makanannya
                                                                             2 anak.
·         Meronce manik-manik binatang                       2 anak
·         Mengelompokkan  binatang buas & bukan        2 anak
·         Menggambar                                                                    4 anak
·         Menjepit tulisan nama binatang                       2 anak
·         Menghitung binatang buas                              2 anak
·         Puzzle binatang                                                       4 anak         
·         Memasangkan gambar binatang buas dengan
tulisannya                                                          2 anak         
·         Menulis  huruf pertama nama binatang
dengan menjiplak di atas kain.                        2 anak                            
* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : tamasya ke kebun binatang
·         Kosakata :  mengaum, mendesis, menggonggong.
·         Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain dari bahan main yang ada.
·         Mendiskusikan aturan main
~   Minta ijin jika akan pindah main
~   Bermain sampai selesai
~   Membereskan mainan setelah selesai bermain
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang dapat memakai kaos kaki warna …., boleh bermain terlebih dahulu.

                             * Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

                             * Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main
·         Berbagi cerita
·         Memperkuat perilaku anak yang positif


09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang
                             Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                 Guru Sentra



(…………………..)                                                          (……………………………..)


Contoh   Rencana Kegiatan Harian

UNTUKPAUD KU AJA
RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BALOK

Hari/tanggal  : ............., ......... 200...


Kelompok Usia        : 4 -5 tahun            Tema            : Binatang
Jumlah Anak           : 10 anak               Sub Tema     : Binatang Buas


          WAKTU                                    KEGIATAN

07.00 – 07.10         Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30         Berdoa dan bercerita tentang binatang buas perlu tempat tinggal.

Kegiatan jasmani :
bermain “berjalan-jalan di hutan” sambil   bergerak menirukan gerakan binatang.
                  
                             Lagu : Kita berjalan-jalan di dalam hutan
                                       Dan melihat seekor binatang jalan.
                                       Binatang apakah itu -2x
                                       Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan
                                       Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)

07.30 – 09.20         Kegiatan inti
                             * Pijakan lingkungan
·         Bangunan yang ditawarkan : kebun binatang, hutan, kandang hewan buas, klinik binatang.
·         Kelompok main :
~  Kelompok I   ®         2 anak (kebun binatang)
~  Kelompok II  ®         2 anak (kandang harimau)      
~  Kelompok III ®         3 anak (kandang ular)
~  Kelompok IV ®         3 anak (klinik hewan)

* Pijakan sebelum bermain
·         Bercerita tentang : binatang buas
·         Kosakata : hutan, kandang, klinik hewan.
·         Gagasan menggunakan bahan : memberi gagasan tentang bangunan yang akan dibuat.
·         Mendiskusikan pembagian kelompok.
·         Aturan main :
~   Membangun di atas alas
~   Membangun jauh dari rak balok
~   Mengucapkan permisi jika melewati bangunan teman
·         Merancang transisi urutan main 2 variabel : kelompok yang terdiri dari ….. anak yang akan membangun …. boleh bermain terlebih dahulu.

                             * Pijakan saat main :
·         Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
·         Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
·         Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
·         Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif.

                             * Pijakan setelah main
·         Mempersilakan anak mengembalikan balok dan asesoris ke tempat semula
·         Mengulas kembali kegiatan main dan berbagi cerita.
·         Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45         Makan bekal dan pulang
                             Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.


Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Sentra



(…………………..)                                                                (……………………………..)

0 komentar:

Post a Comment